Kamis, 13 Februari 2020

Gara Gara Belum Ada Yang Terjangkit Virus Corona, Indonesia Menjadi Sorotan Dunia

Buletinnusa
Telah menelan korban hingga ribuan jiwa serta terus menyebar ke sejumlah negara di luar China, tidak heran jika Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah virus corona sebagai ‘darurat kesehatan dunia’.


Ya, bahkan jumlah negara yang terjangkit virus ini bukan lagi dalam angka satuan, melainkan puluhan. Sedikitnya wabah baru ini sudah menyebar ke-25 negara di kawasan Asia, Amerika hingga Eropa.

Sejumlah negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia bahkan sudah terlebih dahulu terpapar virus ini.

Hal inilah yang membuat negara kita, Indonesia, mendapat sorotan tajam dari dunia. Pasalnya, meski negara tetangga telah terpapar wabah mematikan itu, masih belum ada informasi soal korban virus corona di Indonesia hingga saat ini.

“Indonesia telah melaporkan nol kasus virus corona,” kata ahli epidemiologi Marc Lipsitch di Harvard T.H. Chan School of Public Health, penulis pendamping dari studi baru yang diposting di medRxiv.

Kendati ini menjadi suatu kabar bahagia bagi masyarakat, namun justru menjadi kekhawatiran para ahli medis.

Sebab, ketidakmampuan Indonesia dalam mendeteksi virus corona jenis baru dapat berpotensi melahirkan sejumlah kasus yang mungkin saja tidak terdiagnosis.

“Kasus-kasus yang tidak terdeteksi di negara mana pun berpotensi menyebarkan epidemic di negara-negara itu,” lanjut ahli epidemiologi Marc Lipsitch.

Ditambah, laboratorium medis di Indonesia tidak memiliki kit pengujian yang diperlukan untuk cepat mendeteksi virus corona Wuhan, dan juga Analyte-specific reagents (ASRs), yakni bahan kimia yang digunakan dalam kit pengujian untuk membantu menganalisis dan mengidentifikasi virus corona jenis baru, demikian sebagaimana dilansir Brilio.net.

Demikianlah pokok bahasan Artikel ini yang dapat kami paparkan, Besar harapan kami Artikel ini dapat bermanfaat untuk kalangan banyak Karena keterbatasan pengetahuan dan referensi, Penulis menyadari Artikel ini masih jauh dari sempurna, Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan agar Artikel ini dapat disusun menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang

Sumber : Berbagai Sumber Media Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar