Senin, 31 Desember 2018

GP Ansor Malra Jaga Kamtibmas Perayaan Natal

Buletinnusa
Langgur, Malukupost.com - Perayaan Malam Natal 25 Desember 2018 di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) ditandai dengan dilaksanakannya Operasi Kamtibmas oleh TNI/Polri. Pengamanan yang sama juga juga dilakukan oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor Malra yakni Barisan Ansor (Banser) Nahdatul Ulama (NU). Ketua GP Ansor Malra, Amin Sanmas mengatakan, Ansor sebagai Organisasi Kepemudaan dan salah satu bagian dari Badan Otonom NU, turut bertanggungjawab untuk menjaga nilai-nilai kemanusiaan dan toleransi beragama dan keberagamaan sebagai wujud menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang selaras dengan perjuangan NU.
Ketua GP Ansor Malra, Amin Sanmas
Langgur, Malukupost.com - Perayaan Malam Natal 25 Desember 2018 di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) ditandai dengan dilaksanakannya Operasi Kamtibmas oleh TNI/Polri.

Pengamanan yang sama juga juga dilakukan oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor Malra yakni Barisan Ansor (Banser) Nahdatul Ulama (NU).

Ketua GP Ansor Malra, Amin Sanmas mengatakan, Ansor sebagai Organisasi Kepemudaan dan salah satu bagian dari Badan Otonom NU, turut bertanggungjawab untuk menjaga nilai-nilai kemanusiaan dan toleransi beragama dan keberagamaan sebagai wujud menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang selaras dengan perjuangan NU.

“Ini sudah menjadi tanggungjawab kami untuk menjaga nilai-nilai kemanusiaan, toleransi, mengutip apa yang di sampaikan Hadratus Syaikh KH Hasyim Asya'ri "Hubbul Wathon Minal Iman" (Cinta Tanah Air adalah Sebagian dari Iman), menjaga Keamanan Ibadah saudara kami dari umat Kristiani adalah implementasi dari nilai-nilai ke-NU-an,” ujarnya di Langgur, Jumat (28/12).

Sanmas katakan, bagi GP Ansor kegiatan yang dilaksanakan tersebut lebih difokuskan kepada persoalan kemanusiaan, karena di dalam Islam itu ada Hablumminallah yaitu hubungan seorang muslim dengan Allah SWT, dan Hablumminannas yaitu hubungan seorang muslim dengan sesama manusia.

“Hubungan Hablumminannas (hubungan sesama manusia) ini yang harus diperkuat, karena sesama manusia itu tidak hanya sesama muslim tapi dengan saudara-saudara yang non muslim itu juga penting,” ungkapnya.

Sanmas menandaskan, pihaknya sangat mengapresiasi pihak TNI/Polri dalam menjaga Kamtibmas selama perayaan Natal dan Tahun Baru di Malra (bumi Larvul Ngabal).

“Banser tetap berkomitmen untuk bersama-sama dengan TNI/Polri dalam menjaga Kamtibmas di Malra,” tegasnya.

Sementara itu, Koordinator Wilayah (Korwil) GP Ansor Maluku, Papua dan Papua Barat, Abdul Halik Rumkel (turut hadir dalam pengamanan Malam Natal), ketika dikonfirmasi menyatakan, Ansor dan Banser akan selalu ada di garda terdepan dalam menjaga kebhinekaan, kerukunan dan keutuhan NKRI, karena hal itu sejalan dengan Khittah NU yaitu Tawasuth (Moderat) dan Tasamuh (toleran).

“Saya secara pribadi juga mengucapkan selamat Hari Natal bagi saudara saudari kita yang merayakan. Saya juga mengajak masyarakat Maluku Tenggara agar mari bersama kita merawat, menjaga nilai kemanusiaan, toleransi, dan persaudaraan di bumi Larvul Ngabal,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pengamanan yang dilakukan oleh Banser tersebut dipusatkan pada Gereja Katedral Langgur, Gereja Anugerah Ohoijang dan Gereja St. Yoseph Ohoijang. (MP-15)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar