Sabtu, 24 Maret 2018

Koalisi Tolak Izin Perkebunan Sawit di Teluk Wondama

Buletinnusa
Koalisi Tolak Izin Perkebunan Sawit di Teluk Wondama
Foto: Ilustrasi: Foto udara menunjukkan hamparan pohon kelapa sawit di dalam kawasan konservasi Suaka Margasatwa Rawa Singkil Desa Lhok Raya, Kecamatan Trumon Tengah, Aceh Selatan, Aceh, Sabtu (3/3).
Jakarta -- Koalisi masyarakat sipil menyampaikan surat protes kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait pemberian izin pelepasan kawasan hutan produksi konversi untuk perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Menara Wasior di Distrik Naikere dan Distrik Kuriwamesa, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. Mereka meminta Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar untuk meninjau kembali dan mencabut izin yang dikeluarkan pada September 2017 lalu tersebut.

...Baca ini: Kebun Sawit Korindo Hancurkan Rumah Kanguru Pohon Di Merauke 

Perwakilan masyarakat Papua, Stephanus Marani mengatakan, aktivitas perkebunan sawit PT Menara Wasior akan menghilangkan kawasan hutan sebagai sumber penghidupan masyarakat adat. Apalagi sebelumnya sudah ada dua perusahaan yang mengelola perkebunan sawit di sekitar kawasan tersebut.

"Sisa hutan antara semenanjung Wadeboi dan daratan sebelah yang kuasai PT Wijaya Sentosa dan Kurniatama. Di teluk ini lahan basah sisa, jadi ini kemiringan semacam lekukan yang di tengahnya ada sungai besar. Ini merupakan lahan basah tempat orang mencari nafkah," kata Stephanus di Kantor KLHK, Jumat (23/03/18).

...Baca juga:
  1. Investasi Kepala Sawit, Pemilik Ulayat Makin Terpojok
  2. Tanah Adat Masyarakat Moi Bukan untuk Perkebunan Sawit  
Copyright ©KBR "sumber"
Hubungi kami di E-Mail: tabloid.wani@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar