Senin, 22 Oktober 2018

Harga Bawang Di Ambon Mulai Bergerak Naik

Buletinnusa
Ambon, Malukupost.com - Harga bawang di lokasi pasar tradisional Kota Ambon kini mulai bergerak naik jika dibandingkan dengan dua hari sebelumnya. "Harga bawang sudah naik ibu, bawang merah maupun bawang putih harga sama Rp26.000/Kg, atau naik dari sebelumnya Rp24.000," kata Rosmina pedagang bawang eceran yang menempati lokasi dekat pintu masuk terminal Mardika, Senin (22/10).
Ambon, Malukupost.com - Harga bawang di lokasi pasar tradisional Kota Ambon kini mulai bergerak naik jika dibandingkan dengan dua hari sebelumnya.

"Harga bawang sudah naik ibu, bawang merah maupun bawang putih harga sama Rp26.000/Kg, atau naik dari sebelumnya Rp24.000," kata Rosmina pedagang bawang eceran yang menempati lokasi dekat pintu masuk terminal Mardika, Senin (22/10).

"Kita jual mengikuti perkembangan harga yang terjadi di tingkat agen pemasok. Jadi kalau terjadi perubahan naik di tingkat agen kita juga harus pandai-pandai berjualan supaya tidak merugi.

Ia menjelaskan sekarang ini harga di tingkat agen pemasok di Ambon Rp21.000/Kg, atau naik dari sebelumnya Rp19.000/Kg.

Patokan harga bawang di pasar Ambon juga belum merata masih ada pedagang yang menjual di atas harga Rp26.000/Kg, yakni Rp27.000/Kg untuk bawang merah dengan alasan harga bawang sudah naik.

Inang agen pemasok yang dihubungi membenarkan kalau memang harga bawang di tingkat pedagang eceran sudah bergerak naik.

"Masih dalam tingkat kewajaran yakni Rp26.000/Kg baik bawang putih maupun bawang merah," ujarnya.

Ia mengatakan harga bawang Surabaya atau sentra produksi Rp19.000/Kg, dengan demikian dijual lagi kepada pedagang eceran di Ambon dengan harga Rp21.000/Kg.

Ruben, pedagang Pasar Mardika ketika ditemui di lokasi penjualan mengakui kalau harga bawang memang sudah naik sejak hari kemarin di tingkat Agen.

"Jadi kalau hari ini ada pedagang yang menjual dengan harga Rp26.000/Kg memang sudah harus demikian supaya tidak merugi," katanya.

Mudah-mudahan harga yang dipatok hari ini akan terus bertahan, sebab stok sekarang ini juga cukup banyak di pasar Ambon dan terlihat di mana-mana, baik di pasar Mardika, Batu merah maupun pasar Gotong Royong harga bawang sama.

Sedangkan untuk harga eceran yakni Rp5.000/tumpuk kecil yang dikemas di dalam kantong plastik. (MP-4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar