Rabu, 29 Mei 2019

Ketua VFWPA, Alan Nafuki Kecewa dengan Pernyataan Sekjen PBB

Buletinnusa
Pastor Nafuki mengatakan kata-kata Sekretaris Jenderal PBB itu 'dangkal'
“Saya berharap Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB), António Guterres, untuk mengkonfirmasi kepada orang-orang Vanuatu bahwa ia memahami visi Vanuatu agar rakyat West Papua diberikan kebebasan demokratis mereka dari pemerintahan kolonial, dan bahwa ia akan meminta PBB untuk mempertimbangkan pendirian Vanuatu". 
"Namun dia tidak mengatakan bahwa kecuali menyentuh perubahan iklim yang mempengaruhi dunia dan masalah hak asasi manusia di sekitar Melanesia West Papua".
Ketua Dewan Kristen Vanuatu dan Asosiasi Papua Merdeka Vanuatu, Pastor Alan Nafuki, membuat pernyataan di luar Kantor Presbiteriannya Vanuatu, Taman Kemerdekaan kemarin, Rabu, (29/5/2019).

Pekan lalu, Pemerintah Vanuatu mengundang Ketua Dewan Kristen Vanuatu (dan Ketua Asosiasi Papua Merdeka di Vanuatu) yang blak-blakan, untuk mendoakan Bendera PBB dan kunjungan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, pada kunjungan lima jam ke Port Vila pada 18 Mei.

Ketika ditanya pendapatnya tentang tanggapan Sekjen PBB terhadap pertanyaan media tentang West Papua, dia menjawab, “Menurut pendapat saya, pernyataan Sekretaris Jenderal PBB tentang West Papua adalah dangkal dan sepertinya dia hanya berbicara untuk menyenangkan Pemerintah Vanuatu".

"Sementara itu sebagai Ketua VFWPA, saya berharap Bapak Guterres memikirkan tentang perlunya kebebasan rakyat West Papua tetapi dia berkonsentrasi pada masalah hak asasi manusia di West Papua".

Pastor Nafuki menyesal tidak memiliki kesempatan untuk berbicara dengannya secara langsung karena kurangnya waktu dan jadwal yang sibuk selama kunjungannya yang meringankan ke Port Vila yang juga merupakan yang pertama di Wilayah Pasifik.

Baca ini: Sekjen PBB di Vanuatu, PM: Tidak Ragu Tentang Komitmen Vanuatu untuk West Papua

Dia berkata, "Saya berharap Tuan Guterres mengakui pendirian tegas Vanuatu agar West Papua dibebaskan dari kekuasaan kolonial dan bahwa akan bijaksana bagi PBB untuk mendengarkan Vanuatu dalam pendirian yang tak tergoyahkan untuk membantu West Papua mendapatkan penentuan nasib sendiri dari Pemerintahan Indonesia

“Izinkan saya menambahkan bahwa kedatangannya di sini tidak mengubah hati saya atau komite saya dan semua orang di Vanuatu dari para Kepala Pemerintah, Oposisi, orang-orang dan anak-anak dalam visi kami yang teguh bagi rakyat West Papua untuk diberikan hak mereka yang sah-menentukan nasib sendiri dari pemerintahan Indonesia ”.

Dia mengatakan harapan orang-orang dan 'tangisan' agar PBB mendukung rakyat West Papua dan semua bangsa terjajah lainnya yang tersisa di dunia, belum terjadi.

“Izinkan saya menyatakan kepada dunia bahwa pendirian kami mendukung penentuan nasib sendiri bagi rakyat West Papua dan semua koloni yang tersisa di dunia, akan terus berlanjut terlepas dari apa pun tanggapan yang datang dari luar negeri.

“Sekjen PBB tidak akan mengubah seruan dan fokus kami untuk kebebasan akhirnya bagi orang-orang yang terjajah di West Papua serta Kanaky, Tahiti dan Maluku”.

Baca juga: Ketua ULMWP Bersama Vanuatu Masuk ke PBB, Indonesia Kecam

Sebagai Pendeta Gereja Kristen, dia mengatakan dia percaya pada waktu Tuhan untuk memberikan penentuan nasib sendiri kepada orang-orang West Papua.

“Kita harus takut kepada Tuhan bahwa melalui Dia dan hanya Dia, kita dapat menerima kebebasan kita,” katanya.

Ditanya apa yang dia fokuskan dalam doanya dalam tugas terbarunya, dia menjawab, “Saya berdoa untuk orang-orang yang berjuang untuk penentuan nasib sendiri dan kepedulian Tuhan bagi mereka yang terkena dampak Perubahan Iklim”.

Baca ini: Vanuatu Terus Mendorong Resolusi PBB atas West Papua, Meskipun ada Penentangan dari Anggota Forum


Posted by: Admin
Copyright ©Daily Post Vanuatu "sumber"
Hubungi kami di E-Mail ✉: tabloid.wani@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar