Selasa, 19 Maret 2019

Seratus Persen SMK-SMA Di Tual Gelar UNBK Secara Online

Buletinnusa
Plt Kecab Dinas Pendidikan Kota Tual Drs. Ely M. Betaubun 
Ambon, Malukupost.com - Pelaksana Tugas Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Tual Drs. Ely M. Betaubun menjamin, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  dapat terlaksana sesuai jadwal.  Meskipun fasilitas masih kurang tetapi tidak menjadi hambatan sama sekali.  Bahkan, sebanyak 100 persen sekolah akan menyelenggarakan UNBK.

Kepada Media Online Maluku Post di Ambon,  Senin (19/3), Betaubun menjelaskan, pelaksanaan UNBK sudah menjadi tekad para kepala sekolah sehingga dipastikan, UNBK akan berjalan sebagaimana mestinya.  Dirinya mengaku gembira sebab pada tahun lalu, hanya 93 persen sekolah yang menggelar  UNBK.

``Jadi, tahun ini terjadi peningkatan.  Kami merasa berbahagia sebab siswa semua sekolah sudah bisa mengikuti  UNBK secara online,`` ujar Betaubun.

Dirinya menjelaskan, sebagai Pelaksana Tugas Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Tual, pihaknya berkomitmen dengan ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) untuk SMA dan Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) untuk SMK, sehingga enam SMK  di Kota Tual seluruhnya dapat menjalani UNBK secara online. Demikian halnya sebanyak 11 SMA negeri dan swasta di Kota Tual dapat melaksanakan UNBK secara online.

Dia merinci, di Tual, jumlah peserta UNBK untuk kelompok siswa SMK sebanyak 353 orang, sedangkan siswa SMA sebanyak 1.019 orang.  SMK akan menempuh UNBK pada tanggal 25 Maret, sedangkan UNBK SMA dimulai 1 April.

``Ada kebahagiaan tidak terhingga dari guru-guru dan kepala sekolah, sebab dalam keadaan minim fasilitas, tetapi masih dapat menyelenggarakan UNBK secara online untuk seluruh siswa,`` papar Betaubun.

Dijelaskan, para siswa SMK di Kota Tual akan menempuh UNBK di sejumlah gedung sekolah yakni di SMK Negeri 1,   SMK Negeri 2,  SMP Negeri 3, dan SMK Romel. SMK Lusvet dan SMK Bahari menempuh ujian di SMP Negeri 3, sedangkan SMK Negeri mengikuti ujian di SMA Negeri 3 Tual.  SMK Romel tetap melaksanakan ujian di gedungnya sendiri.

Betaubun menambahkan, untuk kelompok SMA, pelaksanaan UNBK akan berlangsung secara mandiri di sekolah masing-masing, yaitu SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, SMA Kristen, SMA Muhammadiyah, SMA Terpadu Alhilal.  Sedangkan sekolah yang menumpang yakni SMA Negeri Kur di SMK Negeri 1 Tual, SMA Tayando di SMA Muhammadiyah, SMA Negeri 4 di SMA Negeri 2, SMA Negeri 5 di SMP Negeri 3.  (Malukupost.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar