Senin, 16 September 2019

Bupati se Papua Laporkan Jumlah Mahasiswa yang Pulang Pada Gubernur

Buletinnusa
Bupati se Papua Laporkan Jumlah Mahasiswa yang Pulang Pada Gubernur
Mahasiswa Papua di Manado berbondong-bondong pulang ke Papua melalui Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado – Jubi/Piter Lokon.
No. 1 PAPUA Merdeka News | Portal

Jayapura, – Bupati-bupati se Papua melaporkan jumlah mahasiswa yang pulang ke Papua sejak eksodus mahasiswa asala Papua terjadi dalam beberapa pekan ini. Dari 29 kabupaten/kota 20 kabupaten 20 kabupaten telah melaporkan data mahasiswa yang pulang kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Mahasiswa asal Kabupaten Yahukimo merupakan jumlah terbanyak mahasiswa yang pulang. Tercatat 600 orang sudah pulang dari 1.800 mahasiswa yang kuliah di luar Papua.

“120 orang sudah pulang ke Yahukimo. Sisanya masih di tampung di asrama mahasiswa Yahukimo di Jayapura,” ungkap Bupati Yahukimo, Abock Busup saat melaporkan kondisi mahasiswa asal Yahukimo kepada Gubernur Papua, di Jayapura, Senin (16/9/2019).

Bupati Busup mengaku sudah bertemu dengan para mahasiswa dari luar Papua yang sementara tinggal di asrama mahasiswa Yahukimo untuk menanyakan alas an mereka pulang. Namun ia tidak mendapatkan jawaban yang jelas dari para mahasiswa tersebut sehingga belum bisa diketahui penyebab mereka pulang.

(Baca juga: Ketua ULMWP: Lawan Usaha Indonesia yang Ingin Menghancurkan Gerakan Kemerdekaan West Papua dengan Tindakan Mendesak!)

Gubernur Enembe usai pertemuan dengan para Bupati mengatakan ia bersama para bupati belum bias memutuskan sikap, apakah mengembalikan para mahasiswa yang pulang ini ke kota studi mereka masing-masing atau menempatkan para mahasiswa ini di perguruan tinggi yang ada di Papua.

“Kita harus tahu dulu apa sebab mahasiswa ini pulang. Mereka masih konsolidasi secara internal dulu baru kami akan undang kembali untuk bicara,” kata Gubernur Enembe.

Gubernur Enembe menambahkan, Pemerintah Provinsi Papua Barat juga sedang melakukan hal yang sama. Mendata mahasiswa asal provinsi tersebut yang pulang. Setelah kedua provinsi selesai mendata mahasiswa dan mengetahui apa penyebab mereka pulang, dua provinsi ini akan bertemu untuk membahas tindakan apa yang akan dilakukan.

Berikut data mahasiswa asal Papua yang telah kembali ke Papua berdasarkan laporan para bupati :
Bupati se Papua Laporkan Jumlah Mahasiswa yang Pulang Pada Gubernur
Beberapa kabupaten lainnya belum bisa melaporkan jumlah pasti berapa banyak mahasiswa yang pulang karena masih menjalankan pendataan. Namun para bupati yang melapor mengakui sudah ada beberapa mahasiswa yang pulang dan saat ini berada di kabupaten asal. Kabupaten-kabupaten tersebut adalah Kabupaten Nabire, Mimika, Deiyai dan Jayapura.

Sedangan delapan kabupaten lainnya serta satu kotamadya tidak hadir dalam pertemuan kepala daerah se Papua ini. (*)

(Baca juga: Mahasiswa asal Yahukimo Minta Dikuliahkan di Papua atau Negara Pasifik)


Copyright ©Jubi.co.id "sumber"
Hubungi kami di E-Mail ✉: tabloid.wani@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar