Kamis, 05 September 2019

Papua Nugini Mendesak Kunjungan PBB ke West Papua

Buletinnusa
Papua Nugini Mendesak Kunjungan PBB ke West Papua
Menteri Luar Negeri PNG Soroi Eoe (legendfm.net)
No. 1 PAPUA Merdeka News | Portal

PORT MORESBY, -  Papua Nugini telah mengulangi seruan untuk perwakilan PBB untuk mengunjungi West Papua di tengah protes yang meluas.

Indonesia telah melarang protes kekerasan dan pidato separatis di Papua, di mana setidaknya 10 orang telah tewas dan puluhan ditangkap.

Negara Asia Tenggara telah berjuang untuk menahan kerusuhan sejak demonstrasi pro-kemerdekaan yang meluas dimulai dua minggu lalu.

Menteri Luar Negeri PNG Soroi Eoe mengatakan kepada parlemen di Port Moresby pada hari Selasa bahwa kerusuhan terakhir di Papua adalah "situasi yang menyedihkan".

Dia mengatakan PNG menghormati kedaulatan Indonesia, tetapi masalah ini perlu ditangani oleh kantor Komisaris Hak Asasi Manusia PBB.

"Vanuatu telah mengambil langkah tetapi Papua Nugini harus sangat berhati-hati mengenai bagaimana kami mengatasi masalah ini karena fakta bahwa kami memiliki perbatasan yang sama," kata Eoe.

"Di sisi lain adalah West Papua, di sisi ini adalah Papua Nugini. Jadi, tanggung jawab kita pertama adalah kepada rakyat kita sendiri."

Menanggapi Soroi Eoe, anggota parlemen oposisi Garry Juffa memperingatkan orang-orang Papua yang kehilangan tempat tinggal akibat konflik dapat merambah perbatasan ke PNG.

Pada bulan Januari, Indonesia pada dasarnya mengajukan undangan ke kantor Komisioner Hak Asasi Manusia, tetapi ini belum terjadi.

Perdana Menteri PNG James Marape pada hari Senin mengutuk kekerasan di Papua dengan mengatakan "Tidak ada manusia yang layak dibunuh, terutama di tanah mereka sendiri," dalam konferensi pers yang disiarkan televisi.

Sekretaris Forum Kepulauan Pasifik Dame Meg Taylor menyerukan agar tenang di Papua, mengatakan kekacauan baru-baru ini membuat kunjungan PBB bahkan lebih penting, menurut sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Senin.

(Baca ini: ULMWP: PBB Segera Intervensi Papua, Sebelum Pembantaian yang Lebih Besar Seperti Insiden Santa Cruz - #URGENT)

Pada pertemuan forum Agustus di Tuvalu, para pemimpin Pasifik menyerukan agar kunjungan PBB selesai.

Sementara itu, mantan perdana menteri PNG telah meminta para pemimpin Indonesia untuk mencegah pembunuhan di West Papua.

Peter O'Neill menyatakan sedih atas kerusuhan itu, mengatakan bahwa pembunuhan warga di West Papua tidak dapat diterima.

Dia mendesak pemerintah Indonesia untuk membuka dialog dengan para pemimpin West Papua untuk menyelesaikan masalah ini.

O'Neill, yang dicopot sebagai perdana menteri pada bulan Mei, mengatakan negara-negara Kepulauan Pasifik harus terus menekankan perlunya tanggapan damai dari pihak berwenang Indonesia.

(Baca juga, ini: Kepala Komisi Tinggi HAM PBB: Saya Terganggu dengan Kekerasan di Papua)


Posted by: Admin
Copyright ©Radio New Zealand "sumber" Hubungi kami di E-Mail ✉: tabloid.wani@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar