Kamis, 30 November 2017

Siklon Cempaka Punah, Waspadai Dampak Siklon Dahlia di Lampung



JAKARTA, LAMPUNGUPDATE.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi siklon tropis Dahlia terus bergerak di daratan Indonesia hingga 3 Desember 2017. Salah satu daerah yang diperkirakan akan terdampak siklon itu adalah Provinsi Lampung.

Selain di Lampung, siklon tropis Dahlia ini juga diperkirakan akan berdampak di Jawa bagian Barat, Jawa bagian Selatan, Bengkulu Selatan dan di pesisir pantai Jawa Timur. Sejak 29 November 2017 sore, Siklon Cempaka melemah dan sudah punah. Tapi, untuk Siklon Dahlia minimal sampai 3 Desember masih ‘exist’.

"Saat ini, Siklon Dahlia berada di 400 kilometer di Jawa bagian Barat dengan intensitas kategori 1, yang ditandai dengan kecepatan angin 65 km per jam,"
kata Deputi Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Prabowo Mulyono, di Jakarta, Kamis

BMKG memprediksi, Siklon Dahlia akan bergerak ke arah timur menyusuri Pantai Selatan dan intensitasnya akan meningkat menjadi kategori 2 dengan kecepatan angin 85 km per jam dalam 24 jam.

Selain angin, daerah-daerah tersebut akan terkena dampak seperti pertumbuhan awan, hujan skala sedang hingga lebat. Di daerah perkotaan perlu diwaspadai adanya banjir, pohon tumbang dan longsor di dataran tinggi. 


Dalam pergerakannya, Siklon Dahlia akan bergerak menjauhi wilayah Indonesia ke arah selatan, masuk ke bagian Utara Perth dan hilang di daratan Australia pada 3 Desember. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar