Jumat, 25 Mei 2018

Kejutan Akhir Mei, KAK5 Rilis "Katakan Sejujurnya"

Buletinnusa
Ambon, Malukupost.com - Sebuah produksi musikal nan apik menghentak jagad maya, hari ini. Lagu lama "Katakan Sejujurnya" diluncurkan kelompok penyanyi dan musisi beken di Kota Ambon, KAK5. Lagu gubahan Rinto Harahap dan dipopulerkan pertama kali oleh Christine Panjaitan itu, kini diramu dan disajikan secara segar oleh KAK5.
KAK5 dalam video youtube "Katakan Sejujurnya" 
Ambon, Malukupost.com - Sebuah produksi musikal nan apik menghentak jagad maya, hari ini. Lagu lama "Katakan Sejujurnya" diluncurkan kelompok penyanyi dan musisi beken di Kota Ambon, KAK5. Lagu gubahan Rinto Harahap dan  dipopulerkan pertama kali oleh Christine Panjaitan itu, kini diramu dan disajikan secara segar oleh KAK5.

Untuk produksi "Katakan Sejujurnya" (Cover) oleh KAK5 ini, musik dikerjakan Figgy Papilaya, dengan dukungan gitar oleh Budi Rahardjo.  Audio mixing and mastering dikerjakan oleh Benitho Siahaan, sedangkan video dikerjakan Nyong Peimahul dengan menampilkan bintang klip Venty Engko dan Haidy Tuhumena.

Hari pertama peluncuran lagu ini langsung mendapat respon banyak kalangan, terutama para musisi dan penggemar KAK5. Pada akun KAK5offisial, terlihat sudah lebih 7.500 orang menonton video https://www.youtube.com/watch?v=xNS93yqC-no&feature=youtu.be.

Respon paling seru datang dari musisi-musisi Ambon seperti Igor Sopamena, Willy Waas dan Aditya Rifaldo Titaley.

"Kaka ee..ini to "sampe ka hati"..for b ini kk figgy pung karya yang paleng sampe..pesan lagu, arransemen yang mendukung, secara audio bahkan visual benar benar bacarita..SEMBAH!!🙌danke banya kaka Tino, kaka Onie, Kaka Mike, kaka agie, kaka figgy!! Paleng sanang dengar dong carita!!" Demikian tulis Igor pada kolom komentar di bawah video di youtube.

Willy Waas berpendapat, dalam lagu ini, KAK5 merupakan paket lengkap. "Ternyata paketnya sungguh lengkap. Terima kasih untuk suguhan ini bagi kami yang masih terus haus karya-karya membanggakan," ungkap dia.


Aditya Rhiofaldo Titaley menulis responnya secara jenaka. "Adoh!!! Adoh!!! Adoh!!!! Sayang eeee!!!!!!!! Adoh paleng sayang eee!!! Lagu eeee!!!!!! Falantino marionie margi michael figgy talalu BAGUS e!!!! Bagus sampe bikin beta kurang ajar seng mau panggel pake kata “kakak” karna beta seng tau mau puji bagimana!! Harus kasar!! Karna karya ini akang paleng kasar!!!!!"

LIMA PERSONIL

KAK5 terdiri dari Marionie Serhalawan (soprano), Maargi  Sipahelut (mezzo-soprano), Falantino Eryk Latupapua (tenor), dan Michael Mailuhu (bariton).  Mereka  cukup beruntung bisa dipertemukan pada zaman yang sama.

Personil KAK5 sudah bernyanyi sejak kanak-kanak di gereja dan mengikuti berbagai festival bertaraf lokal, nasional, hingga internasional, semisal Bintang Radio Nasional. Selain menjadi solois, rata-rata mereka bertumbuh dalam paduan suara yang secara tidak sadar membentuk karakter vokal yang padu dan unik dengan ensembelitas dan teknik yang baik.

Anggota-anggota KAK5 tumbuh dewasa dengan memelihara energi musikal dalam diri mereka. Mereka menjalankan aktivitas sehari-hari sambil bernyanyi. Marionije dan Margi bekerja sebagai karyawan bank di Ambon, Michael adalah karyawan salah satu BUMD. Sedangkan Falantino bekerja sebagai pengajar sastra di FKIP Universitas Pattimura.

Sampai hari ini mereka masih bernyanyi bersama secara spontan di gereja maupun dalam berbagai acara di Kota Ambon dan sekitarnya serta di kota-kota lain. Nama kelompok TB Quartet, D'Kaks, dan kemudian KAK5 adalah metamorfosa mereka dalam perjalanan waktu, sekaligus menandai kematangan mereka dalam bermusik.

Mengapa namanya KAK5? Nama itu adalah pemberian rekan-rekan pegiat seni, penyanyi, dan musisi yang berada di lingkaran terdekat mereka. KAK5 adalah bahasa slang dari Kakak. Mengapa huruf S digantikan oleh angka 5? Karena mereka bukan lagi grup vokal melainkan grup musik paripurna yang lengkap lewat kehadiran Figgy Papilaya.

Figgy adalah seorang pianis, penata musik, penggubah lagu, produser musik, pemimpin band dan orkestra yang punya banyak pengalaman dalam memproduksi musik, baik album dan singel. Ia bekerjasama dengan banyak penyanyi dan musisi nasional dan  internasional, memproduksi musik untuk konser/pertunjukan musik di stasiun-stasiun TV di Indonesia; dipercaya menjadi band leader di Erwin Gutawa Orchestra dan juga bermusik bersama beberapa music director kawakan Indonesia.

Penggabungan kelima vokalis dan musisi yang memiliki pengalaman panjang bernyanyi dan bermusik ini, membuat KAK5 menjadi grup musik yang hadir dengan harapan besar untuk berbagi kebahagiaan lewat karya-karya mereka nan  segar dan megah namun tetap membumi. (Rudi Fofid/foto KAK5official)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar