Kamis, 25 Juli 2019

KPPN Tual Beri Penghargaan kepada Satker Terbaik

Buletinnusa
Langgur, Malukupost.com – Kementerian Keuangan RI Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku, lewat Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tual memberikan penghargaan kepada Satuan Kerja (Satker) Terbaik selaku mitra kerja untuk Semester I Tahun 2019.

Penyerahan penghargaan diserahkan langsung Kepala KPPN Tual, Eko Efifianto, di sela-sela kegiatan “Bimtek Aplikasi e-Rekon & LK dan SAIBA, bertempat di aula Kantor KPPN setempat, Kamis (25/7/2019).

Eko menjelaskan, sesuai instruksi dari kantor pusat, maka setiap semster dilakukan penilaian dan penetapan kepada satker-satker yang berkinerja terbaik.

“Kami sudah diinstruksikan dari kantor pusa. Jadi, setiap semester sekali kita berikan semacam penghargaan kepada satker-satker yang berkinerja terbaik di lingkungan KPPN ,” ujarnya.
Menurut Eko, penghargaan tersebut sekaligus juga merupakan motivasi bagi para satker dan juga KPPN.

Terkait metode penilaian kepada para Satker, ia mengungkapkan bahwa KPPN dalam penilaiannya dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.

Kuantitatif yaitu berdasarkan capaian nilai Indikator kinerja pelaksanaan anggaran sampai dengan Semster I Tahun 2019.

“Kuantitatif disini adalah kita mempunyai semacam monitoring di aplikasi namanya aplikasi Online Monitoring yakni sistem perbendaharaan dan anggaran negara. Nah, di aplikasi tersebut, kami bisa memonitoring kinerja pelaksanaan anggaran setiap harinya. Jadi, turun-naiknya kualitas kinerja pengelolaan dan pelaksanaan anggaran itu bisa termonitor disitu,” tandasnya.

Sedangkan penilaian kualitatif dilakukan pada pemahaman petugas satker terhadap peraturan perbendaharaan, ketaatan petugas satker terhadap standard operating procedure (SOP) KPPN Tual, penguasaan petugas satker terhadap aplikasi keuangan, respon terhadap permasalahan yang harus diselesaikan, sikap/perilaku petuga satker saat berinteraksi dengan petugas front office (FO) KPPN Tual.

“Secara kualitatif yakni kita selama ini berinteraksi dengan satker-sartker, operator maupun petugas yang datang ke KPPN itu kami menilai. Apakah pada saat kita melakukan sosialisasi, konsultasi maupun koordinasi itu? Apakah petugas satker tersebut paham akan pentingnya kualitas pelaksanaan anggaran,” bebernya.

Eko berharap, kedepan dengan meningkatknya kualitas kinerja pelaksanaan anggaran tersebut, para satker lingkup KPNN dapat melaksanakan kegiatan anggaran, kegiatan operasional kantornya lebih baik dan lebih terarah.

Untuk diketahui, penentuan peringkat 3 besar Satker Terbaik Tingkat Kuasa BUN KPPN Tual dikategorikan dalam 3 kategori yakni kategori Satker dengan Pagu Dana DIPA Tahun Anggaran 2019 diatas 10 Milyar, kategori Satker dengan Pagu Dana DIPA Tahun Anggaran 2019 diatas 4 Miliar sampai dengan 10 Miliar, dan kategori Satker dengan Pagu Dana DIPA Tahun Anggaran 2019 sampai dengan 4 Miliar.

Untuk kategori Satker dengan Pagu Dana DIPA Tahun Anggaran 2019 diatas 10 Milyar, peringkat 1 adalah Distrik Navigasi Tual, peringkat 2 yakni Lanal Tual dan peringkat 3 adalah Pangkalan Pengawasan SDKP Tual.

Satker dengan Pagu Dana DIPA Tahun Anggaran 2019 diatas 10 Milyar, peringkat 1 adalah Distrik Navigasi Tual, peringkat 2 yakni Lanal Tual dan peringkat 3 adalah Pangkalan Pengawasan SDKP Tual.

Kategori Satker dengan Pagu Dana DIPA Tahun Anggaran 2019 diatas 4 Miliar sampai dengan 10 Miliar, peringkat 1 yakni Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tual, peringkat 2 Pengadilan Negeri Tual dan peringkat 3 Pelabuhan Perikanan Nusantara Tual.

Sedangkan Kategori Satker dengan Pagu Dana DIPA Tahun Anggaran 2019 sampai dengan 4 Miliar, peringkat 1 KPPN Tual, peringkat 2 Kantor Kementerian Agama Malra, dan peringkat 3 Madrasah Tsanawiyah Negeri I Malra.

(MP-15)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar