Selasa, 30 Juli 2019

ULMWP-WPA Turut Berduka atas Kepergian Alm. John Talu Tekwie

Buletinnusa
ULMWP-WPA Turut Berduka atas Kepergian Alm. John Talu Tekwie
Eksekutif United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dan senior Organisasi Papua Merdeka (OPM) berpose bersama Alm. John Talu Tekwie (lingkaran warna merah) dalam sebuah kegiatan Melanesia di Stanley Hotel, Port Moresby, Papua Nugini. (dok. pribadi)
Port Numbay, -- Pemenang gelar juara zona perdagangan bebas John Talu Tekwie telah meninggal pada Senin, (29/07/2019) di Vanimo, Papua Nugini.

Kerabat keluarganya memposting di Facebook sebagai pemberitahuan publik yang diteruskannya pada pukul 2.30 pagi, waktu setempat. Dikutip postcourier.com.pg, Alm. Talu meninggal setelah lama menderita sakit.

Kepergian Alm. Talu sangat memukul hati rakyat Papua dan masyarakat Melanesia pada umumnya. United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) melalui kepala Biro Pertahanan dan Keamanan mengucapkan rasa belasungkawanya atas kepergian Alm. John Talu Tekwie.

"ULMWP bersama Keluarga Besar West Papua Army, menyampaikan turut berduka cita yang mendalam atas kepergian Tuan John Talu Tekwie kehadirat Allah Moyang Papua yang Abadi," tutur Kepala Biro melalui media ini, (30/07).

ULMWP merasah kehilangan seorang Sosok Pemimpin dan Patriot Bangsa Melanesia yang vokal dan berkomitmen untuk masalah kemanusiaan dan penjajahan di tanah Papua.

"Engkau pergi disaat pemerintah Papua New Guinea dengan Tegas Menyatakan dukungannya atas Hak Menentukan Nasib Sendiri bagi Saudara West Papua, dalam rekomendasi pertemua [Menlu] Pasifik Islands Forum (PIF ) di Fiji belum lama ini," ujarnya.

Selamat Jalan Patriot Bangsa, Jasa dan Komitmenmu akan terpatri dalam Sanubari kami selaku penerus perjuangan kemerdekaan bangsa Papua dan Melanesia di Pasifik.

"Kami percaya, keluarga yang ditinggalkan pasti mendapat penghiburan dari Allah Moyang Papua yang Abadi," tutupnya.

Belasungkawa mengalir di media sosial dari orang-orang keluarga, orang terkekatnya dari sekitar Sepik Barat, Papua Nugini hingga dari West Papua atas kematiannya.

Tentang John Talu

Dari desa di Pantai Barat Vanimo, di Sepik Barat, ia memasuki politik pada tahun 1992 sebagai anggota parlemen regional yang menggulingkan Karl Stack dan menjabat sebagai Menteri Perdagangan Perdagangan dan Industri.

Dia membentuk Partai Masyarakat Adat yang kemudian menjadi Partai Rakyat Melanesia. Dia melayani selama dua periode dan dikalahkan oleh Carlos Yuni pada tahun 2002.

Dengan gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Papua Nugini dan rekan dari West West Center, ia vokal tentang Zona Perdagangan Bebas dan kemandirian ekonomi.

Setelah meninggalkan politik, ia masih mengejar zona perdagangan bebas untuk diwujudkan dalam Vanimo berkolaborasi dengan lembaga pemerintah yang bertanggung jawab dan pusat-pusat lain di Bougainville dan Manus juga membeli ide-idenya.

Ia juga seorang advokat untuk Kemerdekaan West Papua dari kolonialisme Indonesia (*).


Posted by: Admin
Copyright ©tabloid-wani.com/viaULMWP "sumber"
Hubungi kami di E-Mail ✉: tabloid.wani@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar