Selasa, 09 Juli 2019

Pangdam Cenderawasih Ikut Pencarian Heli Penerbad HA-5138

Buletinnusa
Sentani – Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring selaku Panglima Komando Operasi TNI wilayah Papua memimpin langsung pencarian Helikopter Penerbad Mi-17 nomor registrasi HA-5138, Sabtu (6/7/2019) pagi.

Pangdam Cenderawasih didampingi Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Tri Bowo dan Komandan Korem 172/PWY Kolonel Inf Jonathan Binsar Sianipar ikut dalam penerbangan pencarian menggunakan pesawat CN-235 MPA dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Penerbangan pencarian ini menyusuri rute Sentani – Lereh, Distrik Yapsi, Kabupaten Jayapura – Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, dan kembali melalui rute yang sama,” ujar Wakil Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (6/7/2019).

(Baca Juga: Sudah 10 Hari, Heli TNI yang Hilang di Papua Belum Ditemukan)

Selama penerbangan, kata Dax, Pangdam terus memperhatikan layar monitor yang memperlihatkan medan pencarian yang diambil oleh kamera FLIR yang terpasang di bodi pesawat. Sesekali, Pangdam meminta operator untuk melihat dekat objek di darat.

“Perhatikan dengan seksama medan yang dekat dengan sumber air dan kampung. Dalam keadaan darurat, bisa saja pilot berusaha mengarahkan pesawatnya mendekati kedua medan tersebut,” kata Dax, mengulang arahan Pangdam kepada operator monitor.

Pada penerbangan pencarian itu, cuaca relatif cerah di wilayah Kabupaten Jayapura. Namun, saat memasuki wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang, langit tertutup awan tebal yang membatasi pandangan ke darat.

“Meski kondisi berawan tebal, Pangdam sempat meminta pilot untuk berputar sejauh 6 Nautical Mile (NM) atau sekitar 11,1 kilometer dari lokasi Heli Penerbad HA-5138 hilang kontak. Pesawat sempat menyisir wilayah Distrik (kecamatan) Okbibab dan Kampung Mimin di Distrik Oksop,” tutur Dax.

(Baca Juga: Pencarian Helikopter TNI yang Hilang di Papua Dihentikan Akibat Cuaca Buruk)

Pangdam Cenderawasih Ikut Pencarian Heli Penerbad HA-5138
Evaluasi pencarian melibatkan Pilot dan perwira Penerbad Pilot Helikopter Mi-17 di Posko Utama Lanud Silas Papare Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura. (Penerangan Kodam XVII Cenderawasih)
Penerbangan pencarian selanjutnya kembali menyisir ke arah Sentani, melintasi wilayah Lereh di Distrik Yapsi, Kabupaten Jayapura. Dengan kondisi cuaca yang relatif cerah memungkinkan pencarian lebih baik. Setelah terbang selama 2 jam, pesawat CN-235 MPA kembali mendarat di Bandar Udara Sentani.

“Meskipun sampai saat ini upaya kita belum membuahkan hasil, kita tidak boleh menyerah. Laksanakan pencarian dengan ikhlas, tetap semangat, dan tidak lupa memohon kepada Tuhan agar diberi kemudahan dan petunjuk selama melaksanakan pencarian,” kata Pangdam kepada kru pesawat CN-235 MPA di Lanud Silas Papare, Sentani.

Hingga pukul 16.00 WIT, belum ada laporan dari Tim SAR yang disebar tentang keberadaan Heli Penerbad HA-5138. “Pencarian akan dilanjutkan esok hari,” pungkas Dax. (Ong)


Copyright ©Hai Papua "sumber"
Hubungi kami di E-Mail ✉: tabloid.wani@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar