Selasa, 24 April 2018

Ini Cara Unik Aktivis Kesehatan Di Malteng Rayakan Hari Bumi

Buletinnusa
Masohi, Malukupost.com - Sejumlah aktivis kesehatan yang tergabung dalam organisasi Pergerakan Mahasiswa Kesehatan Maluku (PMKM) DPC Maluku Tengah (Malteng) melakukan aksi bersih sampah di pesisir pantai di Negeri Tamilouw, Kecamatan Amahai, Kabupaten Malteng (22/4) Aksi bersih pantai yang dilakukan oleh para aktivis kesehatan bersama masyarakat setempat selain untuk memperingati hari bumi internasional, juga bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekaligus sebagai solusi pencegahan penyakit.
Masohi, Malukupost.com - Sejumlah aktivis kesehatan yang tergabung dalam organisasi Pergerakan Mahasiswa Kesehatan Maluku (PMKM) DPC Maluku Tengah (Malteng) melakukan aksi bersih sampah di pesisir pantai di Negeri Tamilouw, Kecamatan Amahai, Kabupaten Malteng (22/4)

Aksi bersih pantai yang dilakukan oleh para aktivis kesehatan bersama masyarakat setempat selain untuk memperingati hari bumi internasional, juga bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekaligus sebagai solusi pencegahan penyakit.

Sehari sebelumnya para aktivis kesehatan ini juga menggelar bakti sosial berupa khitanan massal untuk 70-an anak usia sekolah dasar dan pengobatan dan pelayanan kesehatan gratis. Dan sangat mendapat apresiasi dari masyarakat Negeri Tamilouw.

"Kami aksi bersih pantai ini dilakukan juga agar masyarakat di Negeri Tamilouw dapat terhindar dari wabah penyakit, karena ada beberapa warga mengidap penyakit gatal-gatal (Dermatitis) saat kami melakukan kegiatan pengobatan," ujar Eko Bayu Sriyanto selaku Ketua Cabang PMKM Malteng, yang dikonfirmasi di Masohi, Selasa (24/4)

Sementara itu, ketua umum DPP PMKM Syaiful Baranyanan dikonfirmasi terpisah mengatakan, kesehatan merupakan hal yang menjadi prioritas utama sehingga perlu didorong oleh seluruh pihak baik pemerintah maupun swasta.

"Demi mendorong peningkatan kesehatan di Maluku, tentunya PMKM sebagai laboratorium kader kesehatan siap menurunkan kader-kadernya di tengah-tengah masyarakat dalam menjawab setiap tanggung jawab yang dialamatkan kepada PMKM,”ungkapnya.

Baranyanan menambahkan, pihaknya selalu terbuka bagi semua instansi sebagai mitra untuk bersama-sama menyikapi masalah kesehatan dan sosial yang ada di Maluku.

“Tentunya kami sangat terbuka kepada setiap instansi, baik itu dari pemerintah maupun lembaga lainnya agar dapat bermitra bersama-sama dalam melihat masalah-masalah kesehatan dan sosial yang ada di Maluku" pungkasnya. (HR/*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar